Wednesday, January 18, 2012

Salah Satu Bentuk Kepedulian Terhadap Anak Jalanan di Banjarmasin

klik foto untuk memperbesar
Banjarmasin, pasar lima yang sebagian masyarakat banjarmasin ketahui hanya sekedar pasar tradisonal belaka ternyata ada sebuah sekolah di sekitar kawasan pasar tersebut.

Sekolah yang ada di pasar lima tersebut adalah sekolah yang bertujuan untuk mendidik anak-anak jalanan yang kurang mampu atau putus sekolah...
Sekolah yang berletakan di lantai 2 pasar lima itu bernama "SD Kelas khusus pasar lima" yang di pimpin oleh Muhammad Zaini S.Pd, sekolah ini didirikan pada tahun 1988 setelah melalui perbaikan bangunan pada 2006.

SD kelas khusus pasar lima ini sangat membantu sekali bagi anak-anak gelandangan dan pekerja pasar yang ada diskitar kawasan pasar lima tersebut, karena sekolah itu tidak memungut biaya sidikit pun terhadap orangtua murid, SD kelas khusus pasar lima tersebut memiliki 30 murid yang berlatar belakang pekerja kasar,gelandangan,loper koran dan anak-anak pedagang dari pasar lima. Setiap murid yang terdaftar di sekolah ini akan di berikan uang saku 4000 rupiah/hari dari pihak sekolah untuk menunjang semangat belajar bagi siswa-siswi SD kelas khusus pasar lima itu sendiri.
 
SD kelas khusus pasar lima ini memiliki enam orang tenaga kerja, salah satunya adalah ibu Padmiyati yang dari tahun 2007 mulai menjabat menjadi guru di SD kelas khusus pasar lima tersebut, Padmiyati mengaku sangat bahagia bisa mengajar di SD kelas khusus.

Padmiyati yang berpendidikan akhir D2 bahasa inggris dan dalam proses skripsi untuk S1 Pendidikan Luar Biasa (PLB) ini mengaku pemerintah kota kurang berperan penting dalam memperhatikan fasilitas dan anggaran bagi SD kelas khusus pasar lima  tersebut.

Seharusnya pemerintah tidak begitu saja mengabaikan hal penting ini karna anak-anak di wilayah pasar lima itu sendiri juga mempunyai hak untuk menuntut ilmu bagi masa depan mereka kelak.

Panderan : Bayu Aditya

1 comment: